Stop Kebiasaan Posting Boarding Pass di Medsos!

Spirit of Millennials

Buat sebagian orang, rasanya kurang lengkap kalau belum posting boarding pass di medsos sebelum berangkat liburan naik pesawat. Kalau kamu termasuk orang yang punya kebiasaan itu, mendingan kamu stop dari sekarang. Karena ternyata hal itu banyak ruginya juga, lho! Selain kamu bisa dianggap sombong karena pamer, apa aja sih kerugian lainnya?  Simak ulasan berikut ini supaya kamu makin paham alasannya.

1.Pencurian Identitas
Di dalam barcode tercantum nama, nomor penerbangan, kota keberangkatan dan kota tujuan, bandara, gate, nomor kursi, nomor akun frequent flyer, jumlah miles dan juga nomor kartu kredit yang kamu gunakan saat memesan tiket. Kalau sampai ada oknum yang nge-hack data pribadi kamu lewat barcode tersebut, dia bisa mencuri data pribadimu dan mengakses data keuangan, bank dan sebagainya.

2.Perubahan Tiket
Perubahan tiket pesawat bisa dilakukan dengan mudah kalau mereka ngeliat nama dan kode pemesanan dari boarding pass kamu. Mulai dari jadwal penerbangan, nomor tempat duduk, nama pemesan, perubahan menu makanan yang dipesan dalam penerbangan, sampai pembatalan penerbangan bisa dilakukan tanpa sepengetahuan kamu.

3.Pencurian Point Frequent Flyer
Buat kamu yang anggota frequent flyer dari maskapai jagoan kamu, biasanya nomor identitas keanggotaan kamu akan tercantum di boarding pass. Dengan begitu, hackers bisa dengan leluasa memanfaatkan poin miles yang kamu punya sampe ludes buat kepentingannya sendiri.

Ternyata, posting boarding pass di media sosial lebih banyak ruginya ketimbang untungnya, ya. Makanya, mumpung belum terlambat, mendingan kebiasaan itu dihentikan aja dari sekarang. Yuk, be a smart traveller dan jauhkan diri kamu dari kemungkinan buruk yang bisa menimpa karena kecerobohan sendiri.