Suka Main Musik? Yuk Jualan Beat buat Cari Duit!

Spirit of Millennials

Bosan berangkat pagi pulang sore setiap hari? Lebih suka main musik daripada kerja kantoran? Kamu bisa lho cari uang dengan ngelakuin hal yang bikin kamu senang. Dapat duit bisa sembari santai di rumah atau nongkrong sama teman, kok. Salah satu caranya adalah jualan beat secara online. 

Di Instagram sekarang orang-orang dari seluruh dunia saling berlomba bikin beat hip-hop buat dipamerin di feed dan di story-nya. Mereka ngga cuma ngelakuin itu buat senang-senang atau pamer sama teman, tapi juga promosi barang jualannya. 

Dengan pasar musik hip-hop yang makin besar belakangan ini, makin banyak juga rapper yang ingin ikutin jejak Kendrick Lamar dkk. Tapi ngga semua bisa bikin beat yang enak buat ngiringin mereka nge-rap. Di sini para beatmaker-lah yang bermain. 

Kalau dulu kamu suka iseng ngetuk-ngetuk meja ngikutin lagu favorit sambil nunggu guru atau dosen masuk kelas, sekarang kamu bisa ngubah keisengan itu jadi beat buat jualan. Modalnya cuma selera musik bagus, komputer dan midi controller. 

Pada dasarnya, midi controller itu berbentuk keyboard atau drumpad dan bekerja sebagai alat buat ngubah ketukan atau nada yang kamu mainin jadi data di komputer, untuk kemudian dijadiin suara digital lewat software yang disebut digital audio workstation atau DAW. Jadi, daripada ngetuk-ngetuk meja, mendingan sekarang kamu ngetuk drumpad buat bikin musik. 

Buat pemula, ada banyak pilihan budget midi controller kayak Novation Launchkey Mini atau Arturia Minilab. Sementara buat programnya ada banyak opsi gratis seperti Cakewalk atau Tracktion yang bisa kamu download sekarang juga. Beberapa midi controller malah dijual sepaket sama DAW gratis jadi ngga perlu bingung. Kalau udah dapat pemasukan, kamu bisa upgrade ke software yang berbayar dan nawarin lebih banyak fitur semisal Ableton Live atau FL Studio

Kalau udah bisa bikin beat yang enak, tinggal promosiin deh lewat platform online seperti Instagram atau Soundcloud. Sama kayak jualan pada umumnya, di sini kamu harus mikirin juga strategi bisnisnya ya! Saingan kamu memang banyak, tapi dengan materi musik yang bagus dan taktik jualan yang oke, beat kamu pasti dicari para rapper!

Tertarik buat cari duit dengan jualan beat? Yuk mulai sekarang!