Sukses Berbisnis Dengan Menghindari Kesalahannya

Spirit of Millennials

Walaupun perencanaannya udah mateng, kadang ada banyak hal ngga terduga di tengah jalan yang bakal jadi sandungan buat kamu menjalankan bisnis. Income dan pelanggan yang ngga menentu di awal perjalanan bisnis juga bikin pusing tuh. Makanya, selain butuh perencanaan dan pelaksanaan yang matang, kamu juga harus menghindari kesalahan – kesalahan dalam berbisnis berikut ini, nih!

 

1. All In
Menjadikan seluruh aset sebagai modal utama adalah kesalahan besar, karena kita ngga pernah tahu perjalanan bisnis yang akan dihadapi. Makanya dana cadangan penting banget jika bisnis yang kamu bangun merugi.

2. Ide dan Perencanaan Bisnis yang Irasional
Realistis dan pintar membaca kondisi pasar dan perilaku konsumen. Jangan cuma mikirin dampak positif dari business plan aja, tapi juga harus mempersiapkan rencana dan ide untuk menghadapi kemungkinan terburuk.

3. Hindari Jaringan yang Lemah dan Partner yang Salah
Pahami betul lini bisnis yang digeluti dari segala sisi dan sudut pandang, agar bisa membentuk jaringan kuat untuk memajukan bisnis. Pilih juga partner yang “satu frekuensi” biar dapat chemistry-nya.

4. Manajemen yang Buruk
Harus pandai dalam mengevaluasi model bisnis yang kamu bangun, supaya bisa terus berkembang dengan tatanan dan sistem yang baik. Kalau manajemennya buruk, semua aktivitas bisnis kamu pasti ikut berantakan.

5. Ngga Terima Kritik
Kalau ada komentar “pedas”, anggap aja itu sebagai saran membangun dan jangan menolak kritikan dan saran, karena nantinya kamu ngga akan bisa belajar dari pengalaman orang lain dan kesalahan yang perlu kamu perbaiki.

 

Kamu bisa ikutin kisi – kisi di atas supaya bisnis yang sedang dijalani ngga gugur di tengah jalan. Yang paling penting, jangan pernah patah semangat karena salah ambil langkah. Justru dengan begitu, kamu akan lebih kaya pengalaman dan bisa menyusun strategi yang lebih baik buat kedepannya.