Tahun 2021 Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP, Guys!

Spirit of Millennials

Kesuksesan Indonesia sebagai penyelenggara pesta Asian Games 2018 lalu kayaknya masih nempel banget euforianya. Nah, belum kelar euforianya, Indonesia kembali mendapat kesempatan melanjuti perhelatan akbar dunia lainnya dengan menjadi tuan rumah. Nggak tanggung-tanggung, bukan cuma satu tapi dua ajang lomba bergengsi, yaitu Piala Dunia U-20 dan MotoGP bakal digelar sekaligus di tahun 2021. Geter nggak tuh!

Selain berhasil mengalahkan dua kandidat lainnya yakni Brazil dan Peru untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, hal menarik lainnya adalah Sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat bakal segera digunakan bertepatan dengan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2021.

Direktur ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) Abdulbar M Mansoer memastikan bahwa MotoGP 2021 di Indonesia sudah mendapatkan persetujuan dari Dorna Sport lewat penandatanganan antara pihak ITDC dengan Dorna Sport terkait penyelenggaraan MotoGP di Indonesia, 28 Januari 2018 yang dilakukan di Madrid, Spanyol tempo lalu.

Baru-baru ini CEO DORNA Sports SL – pemegang hak siar MotoGP – Carmelo Ezpeleta dan Sporting Director Carlos Ezpeleta berada di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika, Lombok pada Senin, 28 Oktober kemarin. Keberadaannya selama dua jam untuk meninjau proyek persiapan arena MotoGP di Sirkuit Mandalika di Kuta Mandalika Beach Park.

Mereka juga bakal mengembangkan Mandalika Street Race Circuit Cluster. Proyek cluster seluas 130 hektare tersebut yang berada di jantung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika Lombok.

Nantinya Street-Race Circuit (Sirkuit Jalan Raya) bakal jadi yang pertama di dunia dan akan dibangun dengan standar Fédération Internationale de Motorcyclisme (FIM) serta Fédération Internationale de l’Automobile (FIA). Keunggulan lainnya, sirkuit ini berada di kawasan wisata Mandalika, Lombok hingga tersedia keindahan alam dan akomodasi berkelas internasional The Mandalika. Sirkuit ini juga memiliki 17 tikungan yang harus dijalani para pembalap 24 – 27 putaran dengan panjang 4,3 kilometer.

Indonesia merupakan pasar utama bagi DORNA karena fans MotoGP yang besar, dengan begitu atmosfernya semakin kuat saat perlombaan dihelat pada 2021 nanti. Motul FIM Superbike World Championship, juga bakal digelar di sirkuit Mandalika setiap tahun.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer juga yakin dan optimis Indonesia siap menyelenggarakan MotoGP di Sirkuit Mandalika, 2021 mendatang. Naini, mesti kita dukung pol-polan nih supaya lancar persiapannya dan sukses penyelenggaraannya. Minimal sekeren Asian Games 2018 lalu, ya nggak?