Tahun 2021, Jakarta-Bandung cuma 46 Menit!

Spirit of Millennials

Waktu tempuh Jakarta-Bandung hanya 2 jam kok! Iya bener, tapi itu berlaku saat Tol Cipularang dibangun 2005 silam hingga 2010-an. Kalau sekarang sih macetnya udah ngga bisa ditebak, bahkan bisa menghabiskan waktu sampai 7 jam. Huvt! Kalau kondisinya begini sih paling aman naek kereta, selain efektivitas waktu, pelayanan dan fasilitas PT KAI juga bikin nyaman. Tapi makin mantap lagi dengan hadirnya Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), yang pembangunannya akan rampung 60% di akhir tahun 2019 ini dan bakalan mulai beroperasi di tahun 2021 nanti nih, guys.

Konon katanya, kereta Electric Multiple Unit (EMU) yang dibuat menggunakan teknologi kereta cepat CR400AF dari produsen kereta cepat Tiongkok, CRRC Qingdao Sifang, ini juga bisa digunakan untuk jangka waktu 30 tahun, dengan biaya maintenance yang cukup rendah. So, kereta ini bakalan efisien banget nantinya.

Kecepatan kereta ini bisa mencapai 420 km/jam dan kecepatan operasional sampai 350 km/jam. Dengan kecepatan segitu, kereta tersebut bisa menempuh jarak Jakarta-Bandung (142,3 Km) hanya dalam waktu 36 menit aja. Gokil! Tapi, dengan adanya 4 stasiun pemberhentian, yaitu stasiun Halim, Karawang, Walini dan Tegalluar, total waktu perjalanan kamu akan menjadi genap 46 menit.

Wah, kalau begitu bisa makin sering nih weekend-an sekaligus kulineran di Bandung. Terus yang lagi business trip Jakarta-Bandung atau sebaliknya juga ngga ada alasan bakalan telat meeting lagi. Semoga pembangunannya bisa lekas jadi, ya!