Tips Presentasi Di Depan Atasan

Spirit of Millennials

Momen presentasi punya peranan besar buat menilai kapabilitas profesi kamu. Jangan abaikan atau presentasi sekadarnya. Melainkan maksimalkan momen tersebut untuk menunjukkan kemampuan diri dan meraih goal. Apalagi kamu bakal presentasi di depan atasan atau orang-orang penting lainnya. Jadi, apa saja yang harus kamu persiapkan?

 

Menyusun slide presentasi
Ingat, ini slide untuk presentasi. Jadi bukan tulisan super panjang yang perlu kamu masukkan, melainkan cukup tulisan per poin atau gambar. Namanya juga presentasi, tentu saja kamu harus lebih banyak ngomong dan menghadap ke peserta, bukan melihat ke layar terus-terusan.  Slide presentasi pun dibuat untuk membantu kamu mengingat hal yang perlu dibahas, menunjukkan data, dan menjaga pembahasanmu tetap pada alurnya.    

 

Menguasai materi
Gimana caranya supaya kamu nggak cuma lihat ke layar alias baca doang? Tentu saja dengan menguasai materi dan memahami obyektif presentasi kamu dengan matang. Selain membuat slide presentasi, pastikan juga kamu melakukan riset mendalam. Hal ini penting agar kamu luwes berbicara, berani menatap mata para peserta presentasi, dan lebih percaya diri untuk menjawab berbagai pertanyaan terkait materi presentasi kamu.

 

Menguasai ruangan presentasi
Mempersiapkan diri dengan datang lebih awal sebelum tiba waktu presentasi adalah langkah profesional. Hal ini penting untuk mempersiapkan dan mengecek peralatan, serta mengatur dan menentukan posisi yang tepat buat kamu dan para peserta untuk meminimalisasi kendala selama presentasi berlangsung. 

 

Selain hal di atas, tentu kamu perlu menyesuaikan outfit juga sopan dalam bergestur dan bertutur kata. Tenang aja, you got this!