Ubah Prinsip YOLO Menjadi Once in A LIfetime

Spirit of Millennials

Work Hard Play Hard, merupakan slogan yang sempat populer di generasi 90 – 2000-an. Kini, slogan YOLO sedang ngepop seperti gaya hidup masa kini. Tahukah arti YOLO? Yup, artinya You Only Life Once. Apa maksudnya?

Slogan Work Hard Play Hard terstimulasi oleh definisi bekerja giat tanpa meninggalkan kesenangan. Umumnya dipahami oleh pekerja media, advertising agency, dan public relation. Kesibukan pekerjaan berbaur dengan kesenangan. Intinya, pekerjaan yang sulit akan terasa mudah jika dilakukan dengan senang hati. Agar tetap senang hati, mereka selalu terbuka untuk aktivitas refreshing.

Bagaimana dengan YOLO? Trend gaya hidup ini lebih mengutamakan ego pribadi karena ditujukan untuk memenuhi maunya sendiri. Bahasa populer bagi penganut YOLO, “Hidup jangan dibuat susah, kapan lagi…”

Anak muda YOLO tak menyukai keteraturan. Contohnya makan, ia tak membiarkan menu enak terlewatkan, maka diet pun terabaikan. Juga terjadi pada fashion. Ketika ada baju bagus mahal yang sedang trend, ia ingin memilikinya meski kondisi keuangannya sedang dibagi untuk kebutuhan lain. Ia melewatkan kebutuhan lainnya demi menebus baju tersebut. “Kapan lagi…”

YOLO cenderung bertindak tanpa dipikirkan masak-masak, karena tak ingin susah dibuatnya. Ia selalu mengambil kesempatan kapanpun, tetapi jika kesempatan itu banyak persyaratannya, maka ia akan meninggalkannya.

Ada satu prinsip yang dapat mengimbangi dua kebiasaan tersebut, yakni Once in A Lifetime. Cara pikir ini adalah memenuhi target dan tujuan untuk mendapatkan yang diinginkannya sebagai prestasi dirinya. Misalkan saja bercita-cita menjadi seorang desainer grafis. Berbagai cara agar ilmu desain dimiliki diusahakan habis-habisan. Hingga akhirnya ia berkesempatan menduduki posisi tersebut.

Once in a lifetime adalah sikap pragmatis yang dimiliki oleh pencari kejayaan. Punya ambisi tetapi mempertimbangkan berbagai risiko dan kendalanya dengan seksama. Tipe ini penabung yang baik karena berani mengekang segala kemauan demi satu tujuan.

Jangan biarkan hasil jerih payahmu tak bermanfaat di masa depan. Sebab apa yang dilakukan hari ini sejatinya untuk kelangsungan masa depan. Rajinlah menabung untuk investasi kelak. Pilih bank yang mengakomodir niatan dan tujuanmu.

Bank MANDIRI Tbk yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki program tabungan untuk menyimpan atau menginvestasikan hasil jerih payah kerja kamu. Jadikan partner keuangan agar ketika kemampuanmu sedang berdigjaya, pundi-pundi yang dikumpulkan pun bermanfaat besar di kemudian hari.