Yuk, Hasilkan Produk Lokal Berskala Internasional!

Yuk, Hasilkan Produk Lokal Berskala Internasional!

Spirit of Millennials

Jangan sepelekan kemampuan diri sendiri alias kemampuan bangsa Indonesia. Masalah ngga PD ini harus disudahi dengan lebih produktif menghasilkan image yang baik dan inovasi. Dalam sejarah brand lokal bercitarasa internasional, ada beberapa produk yang cukup diperhitungkan dan telah menggebrak pasar dunia.

Ada Aqua, ada Essenza, ada Indomie, Mustika Ratu, Zahir Accounting, Eiger, J-Co, dan masih banyak lagi. Bagaimana sih caranya agar brand lokal bisa menembus pasar di negara lain?

 

1.Melakukan Penelitian Pasar
Setiap pasar di masing-masing negara punya karakteristik yang berbeda-beda. Ini yang bikin kamu harus pahami benar situasi dan kondisi serta peluangnya. Baiknya, lakukan pembesaran usaha terlebih dahulu di dalam negeri atau sebaliknya. Effort terbesar kalau pembesarannya dilakukan di dalam negeri. Dibutuhkan ekspansi dan jejaring yang kuat untuk menjajagi pasar di luar negeri.

2. Pemilihan Media Promosi
Era sosmed sangat mendukung perkenalan produk kamu tanpa batas. Bahkan dengan iklan berbayar sistem targeting, membantu produkmu ada di wilayah yang akan ditarget sebagai wilayah pemasaran. Contohnya, kamu berproduksi di Bandung dan ingin menembak market di Bali. Atau produksi di Sampit Kalimantan Barat tetapi ingin menjadikan market Sarawak, Malaysia menjadi calon konsumenmu. Semakin sering berpromosi dengan media-media promosi berkelas akan menaikkan prestise produkmu di mata konsumen.

3. High Quality Product
Produk berkualitas tinggi dengan memenuhi standar mutu yang ditetapkan akan meyakinkan konsumen bahwa produk yang dibelinya adalah yang terbaik.  Meski harganya lebih mahal, konsumen yang menyukai produk berkualitas akan rela mengeluarkan uang lebih banyak demi produk kualitas tinggi. Buat mengukur kualitas produk kamu diminati, buatlah ulasan konsumen. Ini dapat membantu kamu mengevaluasi produk diterima baik di pasar Internasional.

4. Relasi Jejaringan Mumpuni
Relasi atau partner bisnis penting untuk mengembangkan usaha dan jejaring usaha. Contoh usaha berjejaringan salah satunya adalah PT Indofood. Populer di Indonesia, populer juga di Saudi Arabia dan Nigeria. Menggunakan cara lisensi, di Saudi Arabia Indomie dikelola oleh Pinehill Arabia Food Limited dan di Nigeria dikelola oleh De United Food Industries Limited. Atur bentuk kerjasamanya sebaik mungkin agar saling menguntungkan dan saling membesarkan.

 

Pengetahuan membangun usaha multinasional, marketing internasional, dan target produk berdasarkan sosial ekonomi harus dipahami benar sebelum melangkah ke ekspansi bisnis lebih jauh lagi. Think global act global, prinsip itu yang harus kamu yakini atas produk dan usaha yang siap menjadi konsumsi pasar internasional.